Friday, February 10, 2017

Praktikum Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan : PENGAMATAN PRODUK YANG SUDAH KADALUARSA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok sehari – hari bagi manusia, selain hanya untuk mengenyangkan makanan dan minuman tersebut haruslah juga bermanfaat bagi tubuh kita. Makanan dan minuman yang sehat bila dikonsumsi akan memberikan manfaat yang baik pada tubuh. Oleh karena itu makanan dan minuman merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan secara khusus.
Banyak makanan dan minuman yang dijual ditoko-toko ternyata sudah kadaluarsa, dan ini pun tidak diketauhi oleh masyarakat sehingga masyarakat pun tetap membeli produk makanan dan minuan tersebut lalu dikonsumsinya, ini semua terjadi pada umunya masyarakat kurang tau bagaimana tanda – tanda makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, oleh karna itu dilakukanlah percobaan ini agar kita semua bisa mengetauhi bagaimana ciri-ciri produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

1.2  Tujuan
Praktikum ini dilkukan bertujuan untuk mengetauhi perubahan karakteristik produk yang sudah kadaluarsa.











BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
      
2.1  Pengertian Makanan Sudah Kadaluarsa
Menurut BPOM, makanan dinyatakan mengalami kerusakan (telah kadaluarsa) jika terjadi perubahan-perubahan yang tidak dikehendaki dari sifat asalnya. Kerusakan pada makanan dapat terjadi karena kerusakan fisik, kimia atau enzimatis. Misalnya kerusakan pada susu ditandai dengan pembentukan gas, penggumpalan, lendir serta asam pada susu disebabkan karena bakteri. Bakteri juga menjadi penyebab rusaknya makanan kaleng yang dapat ditandai dengan bau busuk dan warna hitam ketika dibuka. Rusaknya makanan kaleng juga dapat diperhatikan, apakah kaleng menggelembung atau tidak. Biasanya jika sudah lewat kadaluarsa, bakteri mengakibatkan terbentuknya gas pada makanan kaleng sehingga kaleng menggelembung.
Bahaya makanan kadaluarsa bisa mengakibatkan kematian, jika tidak segera tertangani. Sebaiknya mencegah secara dini agar terhindar dari makanan kadaluarsa. Selain pengawasan dari pemerintah, hendaknya masyarakat juga perlu lebih teliti dalam membeli. Dijual dengan harga lebih murah dari biasanya, bisa jadi karena sudah mendekati tanggal kadaluarsa. Tanpa bermaksud meracuni konsumen, produk makanan yang dijual tetap rawan kerusakan karena telah lama berada di toko, sehingga perlu diwaspadai. Setiap produsen biasanya memberikan informasi tanggal produksi dan masa kadaluarsanya di setiap label produk makanan. Informasi tersebut digunakan agar konsumen mendapatkan makanan yang layak untuk dikonsumsi. Dalam memilih dan membeli suatu produk, konsumen hendaknya memperhatikan beberapa informasi penting tentang referensi apakah suatu produk berada dalam tenggang waktu masuk kadaluarsa atau tidak (Hakim, 2014).                                   



BAB III
METODE

3.1 Waktu dan Tempat
       Praktikum ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 Mei 2016 pukul 09.00-11.00 WITA di Laboratorium Pangan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut.

3.2 Alat dan Bahan
            Aalat dan bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah roti, susu basi, jus buah basi, minyak curah, teh botol kadaluarsa.
3.3 Prosedur Kerja
1.      Disiapkan bahan (  roti tawar kadaluarsa, susu basi, jus buah basi, minyak curah, teh botol kadaluarsa).
2.      Diamati sampel bahan tersebut dari tekstur, warna, aroma selama 1 minggu
3.      Dicatat hasil pengamatan ditabel


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Percobaan
       Hasil dari praktikum disajikan dalam tabel berikut :
         Tabel 1. Pengamatan produk yang sudah kadaluarsa
           
No
Sampel
Perubahan
Tekstur
Warna
Aroma
1
roti tawar kadaluarsa
menggumpal
kekuningan
amis
2
susu basi
Kental
kekuningan
tidak sedap
3
Jus buah basi



4
Minyak curah
cair mengendap
keruh
bau tengik
5
Teh botol kadaluarsa
berlendir
kuning pucat
menyengat

4.2 Pembahasan
      Makanan dan minuman merupakan kebutuhan manusia sehari-hari, makanan dan minuman yang sehat dikonsumsi akan memberikan manfaat pada tubuh manusia itu sendiri. Sebaliknya makanan dan minuman yang tidak aman dikonsumsi contohnya makanan yang sudah kadaluarsa akan membahayakan bagi tubuh itu sendiri bila dikonsumsi. Praktikum kali ini kita mencoba mengamati produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, yang diamati dari teksturnya, aromanya dan perubahan warnanya.
            Produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa bisa disebabkan beberapa faktor, misal yang pertama karna memang makanan tersebut sudah melewati masa ekspayetnya, perlakuan terhadap produk makanan dan minuman misal sering terkena sinar matahari dan produk tanpa disengaja mengenai benda- benda tajam sehingga kemasan produk pangann dan minuman pun menjadi sobek, sehingga ini tentu sangat mudah tercemar oleh bakteri yang dengan sangat mudah untuk masuk kedalamnya. Demikian itu adalah beberapa penyebab makanan dan minuman menjadi kadaluarsa.
            Selanjutnya adapun ciri-ciri makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa sebagai berikut, bila pada roti akan timbul bercak – bercak hitam atau biru dan kuning, aromanya pun tidak sedap, tekturnya kaku menggumpal, bila pada minuman berkotak umumnya dari warnanya akan keruh, aromanya tengik, dan dari tekstur akan mengental. Makanan dan minuman dengan ciri-ciri demikian bila dikonsumsi akan menimbulkan beberapa penyakit diantaranya mual-mual, kepala pusing, perut akan sakit.
      


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1  Kesimpulan
       Adapun kesimpulan yang kami dapatkan setelah melakukan praktikum:
1.    Makanan dan minuman yang sudah memiliki ciri-ciri warnanya tidak cerah, bau tengik, tekturnya menggumpal merupakan makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa yang sudah tidak aman untuk dikonsumsi.
2.    Perlakuan penyimpanan pada makanan dan minuman harus diperhatikan karena perlakuan terhadap produk makanan dan minuman ssangat mempengaruhi mempercepat masa kadaluarsanya.

5.2 Saran
       Adapun saran yang ingin kami sampaikan dalam melakukan praktikum, sebaiknya pengamatan dilakukan oleh masing-masing kelompok. Bukan hanya yang menjadi tugasnya tetapi hendaknya apa yang diamati oleh kelompok lain juga kita amati, agar semua mahasiswa bisa mengetahui perubahan-perubahan setiap harinya.


DAFTAR PUSTAKA
Hakim. 2014. ‘’ Ciri-ciri Makanan Kadaluarsa’’.
Diakses pada 20 Mei 2016



No comments:

Post a Comment